Jumat, 01 Februari 2013

artikel kesehatan



Tips mendorong anak untuk mengonsumsi sayuran
Description: tips membuat anak suka sayuranApabila anak anda tidak menyukai sayuran, jangan pernah menyuguhkannya terus menerus setiap hari, kecuali jika anak anda penyuka sayuran. Bagi orang tua yang menginginkan anaknya untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayuran, namun sang anak tidak menyukainya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dimulai dengan anda sendiri, yakni dengan memberi contoh makan makanan sehat juga. Hal ini dikarenakan anak biasanya akan mencontoh apa yang dilakukan orang-tuanya. Jadi, mulailah membiasakan diri untuk selalu mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran atau buah-buahan, sehingga diharapkan anak anda akan mengikuti jejak anda.
Selain itu masih ada beberapa tips yang bisa anda coba agar anak anda menggemari makanan-makanan sehat dan bergizi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.  Ajak berbelanja bahan-bahan makanan sehat
Ajaklah anak anda ketika anda sedang pergi berbelanja. Beri kesempatan ia untuk memilih apa yang menjadi keinginannya namun arahkan ke tempat bahan-bahan
makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran untuk dikonsumsi olehnya.
2.  Minta bantuannya untuk  menyiapkan hidangan yang akan disajikan
Ajarkan anak anda untuk mencuci
buah dan sayuran dengan benar. Selain itu, mintalah kepadanya untuk membantu anda dalam menyiapkan makanan yang akan dihidangkan di meja makan. Ikut terlibatnya anak anda dalam urusan ini akan mendorongnya untuk mengonsumsi makanan yang sehat.
3. Racik dan hias makanan sehat agar terlihat menarik
Salah satu faktor yang membuat anak-anak tidak menyukai makanan sehat adalah tampilannya yang sering tidak menarik perhatian. Hal ini sebenarnya bisa menjadi peluang anda untuk membuat anak menyukai makanan sehat, yakni dengan cara meracik makanan sehat semenarik mungkin. Anda bisa menghias makanan mereka dengan bentuk wajah anak-anak yang sedang tersenyum, bentuk bunga, hewan, dan lain sebagainya. Intinya, tunjukkan kreativitas anda dalam meracik dan menghias makanan sehat semenarik mungkin. Seperti pada poin sebelumnya, melibatkan mereka ke dalam urusan ini juga merupakan cara efektif untuk mendorong mereka mengonsumsi makanan-makanan sehat. Jadi, ajaklah mereka untuk menghias makanannya sendiri sesuai dengan kreativitas mereka.
Inti dari semua tips tersebut adalah melibatkan anak anda terhadap segala urusan yang berhubungan dengan makanan sehat. Semoga tips-tips ini bermanfaat. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar